Struktur Program Java
Baca juga Sejarah Tentang Java
Deskripsi
Penerapan contoh dalam program Hello World bertujuan untuk memahami struktur dan fitur class pada pemrograman Java. Program ini ditulis dalam beberapa baris dan untuk mencetak "Hello,World!".
Lihat Gambar berikut :
1. Package
Ini adalah pernyataan deklarasi paket. Pernyataan paket ini mendefinisikan ruang nama di class yang disimpan.Paket ini berfungsi untuk mengatur class berdasarkan fungsi.
2. Public class HelloWorld
Baris ini memiliki berbagai aspek pemrograman Java :
- public : ini adalah akses pengubah kata kunci yang memberitahu akses compailer kepada class. Berbagai nilai pengubah akses seperti : public, private, protected, atau Default
- class : kata kunci ini digunakan untuk menyatakan class. Nama class (HelloWorld) diikuti oleh kata kunci ini.
3. Comments Section
Kita dapat menulis komentar di Java dalam 2 cara :
- Komentar baris : dimulai dengan dua buah garis miring (//) dan melanjutkan pada akhir baris ini. Komentar ini tidak memerlukan simbol terakhir.
- Blok komentar dimulai dengan garis miring dan tanda bintang (/*) dan diakhiri dengan tanda bintang dan garis mirirng (*/) . Blok komentar juga bisa memperpanjang baris sesuai yang diperlukan.
4. Public static void main(String args[])
Methode (Function) yang bernama main dengan array string sebagai argumen :
- public : Access Modifier
- statis adalah kata kunci reserved yang berarti bahwa method dapat diakses dan digunakan meskipun tidak ada objek dalam class.
- void, Kata kunci ini menyatakan bahwa membuat sebuah method yang tidak mengembalikan sebuah nilai.
- Method konten berada dalam tanda kurung kurawal ( { })
5. System.out.println("Hello, World!")
- System : ini adalah nama dari utilitas Java
- Out : Ini adalah objek yang termasuk System
- println :ini adalah Utilitas method yang digunakan untuk mengirim String apapun ke Console.
- "Hello,World! ": inu adalah String literal dirubah sebagai argument untuk method println.
Informasi Lanjut Mengenai Class Java
- Java adalaha bahasa pemrograman berorientasi objek,yang berarti bahwa ia memiliki kostruksi untuk mewakili objek dari dunia nyata. Setiap program Java memiliki setidaknya satu class yang tahu bagaimana melakukan hal-hal tertentu atau bagaimana untuk mewakili beberapa jenis objek. Contoh class yang paling sederhana adalah HelloWorld.
- Class di Java mempunyai method(fungsi) dan fileds (atribut atau properties).
- Sebagai contoh objek mobil memiliki properti warna,kecepatan,selain itu memiliki fungsi berjalan dan berhenti.
public class MobilClass{String warna;//contoh construktor defaultint kecepatan,roda;System.out.println("Mobil Dipanggil")public MobilClass(){ }public MobilClass(String warna,int roda,int kecepatan){//contoh construktor non-default this.warna=warna;void tampil(){this.roda=roda; this.kecepatan=kecepatan; }System.out.ptintln("Roda : " + roda);System.out.println("Warna : " + warna); System.out.println("Kecepatan : " + kecepatan); }maju();static void maju(){ System.out.println("Majuuu..."); } void mundur(){ tampil();}System.out.println("Munduurr..");}
Buat Main Class
public class MobilMain{public statis void MobilMain(String[] args){MobilClass xenia=new MobilClass("Putih","4","100");MobilClass avanza=new MobilClass("Hitam","4","150");xenia.mundur; avanza.mundur; }}
Apabila di Run :
Warna : Putih
Roda : 4
Kecepatan : 100 //Xenia
Warna : Hitam
Roda : 4
Kecepatan : 150 //Avanza
Pedoman Umum Untuk Programing
- Java mengidentifikasikan harus dimulai dengan huruf,karakter mata uang ($), atau karakter penghubungkan seperti garis bawah (_). Pengidentifikasian tidak boleh dimulai dengan angka. Setelah pengidentifikasian karakter pertama dapat berisi kombinasi huruf, karakter mata uang, penghubung karakter atau angka. Sebagai contoh :
- int variable=10; //ini berlaku
- int 4var=10; //ini tidak berlaku
- Pengidentifikasian,nama method,nama class adalah case-sensitive. Var dan Varare adalah dua identifier yang berbeda.
- Anda tidak dapat menggunakan kata kunci Java sebagai pengidentifikasian.Berikut tabel menunjukan daftar kata kunci java :
Abstact | Boolean | break | Byte | Case | Catch |
Char | Class | Const | Continue | Default | Do |
Double | Else | Extends | Final | Finally | Float |
For | Goto | If | Implements | Import | Intanceof |
Int | Interface | Long | Native | New | Package |
Private | Protected | Public | Return | Short | Satic |
Strictfp | Super | Switch | Synchronize | This | Throw |
Throws | Transient | Try | Void | Volatile | While |
Assert | Enum |
- Class dan Interface : Huruf pertama harus dikapitalisasi,dan jika beberapa kata digabungkan bersama untuk membentuk nama,huruf pertama harus huruf besar dalam penulisannya atau biasanya format itu dinamakan "CamelCase".
- Methode : Huruf pertama harus huruf kecil,kemudian normalnya seharusnya camelCaserule. Contohnya :
- getBalance
- getCostumerName
- doget
- doPost
- Variable : sama seperti methode aturannya harus sama. Sun merekomendasikan singkatan,kata-kata bermakna ,yang terdengar baik buat kita. Sebagai contoh :
- buttonWidth
- empName
- accountBalance
- Constants : Konstanta Java diciptakan dengan menandai variabel statis dan final. Mereka harus diberi nama dengan huruf besar dan menggunakan penghubung (_) sebagai pemisahnya. Contoh :
- MIN_HEIGHT
- Hanya ada satu kelas public per file kode sumber
- Komentar dapat muncul di awal dan di akhir setiap baris file kode sumber, mereka idependen dari salah satu aturan positioning discussed.
- jika ada public class dalam sebuah file,nama file harus sesuai nameof public class. Misalnya kelas dinyatakan sebagai "public class Dog{}" harus dalam file kode sumber bernama Dog.java.
A. Array
Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa setiap hendak menggunakan suatu variabel, kita harus terlebih dahulu mendeklarasikannya. Yang menjadi masalah adalah bagaimana kita akan menggunakan sekumpulan variabel yang sangat banyak dengan tipe data tertentu. Misalnya membutuhkan 1000 buah variabel dengan tipe data integer untuk suatu perhitungan. Sangat tidak efisien jika mendeklarasikan variabel tersebut satu per satu. Oleh karena itu java memiliki tipe data Array.1. Array satu dimensi
Pada dasarnya array satu dimensi merupakan kumpulan dari variabel yang memilik tipe data yang sama. Pendeklarasian tipe data array memiliki dua bentuk :
- tipe-data nama array[];
- tipe-data[] nama-array;
Gambar : Contoh dari Integer Array |
Array adalah sebuah variabel atau sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier,namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.
B. Class
Class adalah struktur dari OOP (Object Oriented Programming). Terdiri dari dua tipe yaitu : field (attribute/property) dan method (behavior). Class digunakan utuk mendeklarasikan sebuah variabel yang berupa objek atau dinamakan "referensi objek (object reference)".1. Attribute
Berlaku sebagai data, didefinisikan oleh class, individu, berbeda satu dengan yang lainnya. Menggambarkan tampilan,status,dan kualitas dari objek.
2. Behavior
Berlaku sebagai method (operasi). Menggambarkan bagaimana sebuah instance class beroperasi misal bagaimana reaksi dari class jika diminta untuk melakukan sesuatu hal, untuk menentukan behavior dari objek harus membuat Methods.
C. Object
Setiap object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (attribut) yang dinamakan "variabel" (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari objek) dan juga dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari objek) atau objek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan method yang berhubungan. Objek merupakan sebuah instance (keturunan) dari class. Variabel dan method diketahui sebagai variabel instance dan method instance.D. Method
Methode menentukan prilaku objek,yakni apa yang terjadi pada objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Methode memiliki 4 (empat) bagian dasar :- Nama methode.
- Tipe objek atau tipe primitif yang dikembalikan oleh methode.
- Daftar parameter.
- Badan atau isi methode.
E. Konstruktor
Methode konstruktor digunakan untuk menginisialisasi objek baru ketika methode-methode itu dibuat. Tidak seperti methode biasanya, kita tidak dapat memanggil methode konstruktor dengan memanggilnya secara langsung. Methode konstruktor dipanggil oleh java secara otomatis ketika kita membuat objek baru. Jika kita menggunakan new untuk membuat objek baru, java melakuan 3 (tiga) hal ini :- Mengalokasikan memori untuk objek baru.
- Menginisialisasikan variabel instance objek tersebut, baik dengan nilai awal ataupun dengan nilai default (0 untuk bilangan, null untuk objek, false untuk Boolean).
- Memanggil methode konstruktor class tersebut (mungkin satu dari beberapa method).
- Konstruktor selalu memiliki nama yang sama dengan class.
- Konstruktor tidak memiliki nilai kembalian.
Ya.itulah pembahasan Struktur Program Java. Mudah-mudahan bisa membantu. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan kirim komentar anda.
Terima Kasih.
Sumber : w3resource.com
Asdf
BalasHapusmakasih atas infonya
BalasHapusMesin pemisah lcd