WHAT'S NEW?
Loading...

Apa itu SEO ? Berikut Ini Penjelasannya

Penjelasan Tentang Apa Itu SEO


Memilik template yang SEO friendly adalah sesuatu keharusan yang mesti dimiliki oleh blogger. Menurut saya,sepertinya ada yang kurang kalau belum memakai template yang SEO Friendly. Dari segi tampilan saja jauh berbeda dengan yang tidak memakai Template SEO Friendly.

Lalu. Apa itu yang dimaksud SEO? Apa saja kegunaannya?

Mungkin itu pertanyaan yang keluar saat pertama kali membaca atau mendengar kata-kata SEO. Hal yang wajar apabila baru pertama kali bergelut didunia blogger. Bagi yang sudah lama mungkin istilah SEO sudah tidak asing lagi. Bahkan sangat membosankan,karena setiap saat harus berhubungan dengan SEO.

Oke. Optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization bisa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang bersifat sistematis yang bertujuan meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu. 

Tujuan dari SEO adalah menempatkan situs web pada posisi teratas.Minimal menempatkan pada posisi halaman pertama.Pastinya berpeluang akan banyak dilihat oleh pengunjung. Apabila situs web anda menempati halaman ke 3 dan seterusnya. Kemungkinana kecil akan dikunjungi. Yang berakibat situs web anda traffic kunjungan tidak akan ada perubahan bahkan sampai tidak ada pengunjung.

SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan SPAM yang diposting oleh Usenet W.

Teknik SEO

Ada 2 macam teknik SEO yang sekarang terkenal yaitu Teknik Optimasi On Page dan Off Page. Teknik tersebut tidak bisa didapatkan melaui jenjang pendidikan. Teknik SEO  bisa dilakukan melalui otodidak dan mengembangkannya,tentunya harus sesuai dengan aturan-aturan dari Google. 

Pada zaman sekarang ini banyak sekali referensi untuk belajar SEO, saya sarankan belajarlah dari Blog Google itu sendiri atau dari Blog SEO yang sudah ternama. Banyak hal yang akan bisa didapatkan dengan melihat situs web itu. Anda hendaklah mencatat apa kelebihan dan kekuranggannya. Dan untuk kekurangannya bisa melihat referensi lain. Pastinya akan ada hal positif yang bisa diambil lalu terapkanlah di situs web anda.  Untuk junior blogger disarankan mengembangkan mengacu pada referensi itu.

Google,sekarang ini telah menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia ini. Mayoritas mesin pencari sudah dikuasai oleh Google. Jadi,gak heran semua webmaster dan praktisi SEO lainnya menggunakan Google sebagai referensinya. Mereka juga yang mengembangkan metode-metode untuk menjadikan page situsnya berada di peringkat pertama.

Hal-hal yang sangat dilarang oleh google adalah menggunakan teknik -teknik yang ilegal. Anda jangan sekali-kali melakukan itu,dan akibatnya sangat fatal untuk website anda. Google sendiri telah resmi melarang untuk melakukan hal-hal seperti  link farmin,doorways page, dan sebagainya. Apabila masih terdapat menggunakan teknik tersebut kemungkinan besar akan terhapus di index Google.

Dasar-Dasar SEO yang wajib diketahui


Dasar-dasar SEO ini wajid diterapkan oleh anda dan wajib diketahui oleh pemula di dunia SEO . Itu semua perlu diterapkan jika ingin blog anda ingin muncul di halaman pertama Google. Dan yang perlu anda tambahkan adalah Riset keyword.  Apabila itu tidak ditambahkan kemungkinan besar blog anda tidak tampil di halaman utama Google

Misalkan, anda mencari kata "Pengertian" kemudian hasil rating nya tinggi tapi penggunanya banyak. Bandingkan dengan kata "Penjelasan" hasil ratingnya tinggi tapi penggunanya sedikit. Mau pilh yang mana? Menurut saya mending pilih "Penjelasan" karena selain rattingnya tinggi tapi penggunanya juga sedikit,kemungkinan blog akan muncul dihalaman utama Google. Kata "Pengertian"  dengan kata "Penjelasan" hampir sama artinya dilihat dari kamus besar Indonesia

Perhatikan juga tampilan website anda. Kalau untuk sementara bisa gunakan template bawaan dari Blogger-nya (default). Anda bisa mengatur sendiri website anda melalaui Tata Letak di dashboard anda. Saran saya adalah jangan terlalu banyak menggunakan widget terlalu banyak karena itu akan menghambat dalam proses loading website anda. Karena fast loading merupakan kriteria SEO.

Template, anda bisa gunakan template pilihan anda tapi saya sarankan pilihlah yang sesuai dengan niche-nya. Bermacam-macam jenis template yang bisa dipakai untuk website anda ada yang gratis dan ada pula yang berbayar (premium). Sebagai referensi 5 template yang SEO Friendly bisa digunakan di website anda.

Sekarang ini bisnis dan layanan SEO berkembang dengan pesat seiring bertumbuhnya web,yang menyebabkan sebuah situs harus benar-benar dan bekerja extra keras agar situsnya banyak dikunjungi oleh orang di seluruh dunia dan diantara jutaan situs sebagai kompetitornya. 

Mesin pencari merupakan pintu masuk utama,karena pengguna internet tidak mungkin hapal dengan jutaan alamat situs.Mereka akan mengandalakan mesin pencari seperti Google,Bing,Yahoo!,dan mesin pencari lainnya.

Ya,sekian saja penjelasan tentang SEO. Mudah-mudah bisa bermanfaat bagi semuanya. Tetap semangat dan jangan putus asa.
Good Luck!

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Nice gan.. Saya suka dengan artikel nya. Thanks dan maaf saya tinggalkan jejak sapa tau mau berkunjung https://my-fxart.blogspot.com/ -/\-

    BalasHapus